Pengertian dan Fungsi Lengkap Sitemap

Pengertian dan Fungsi Sitemap - Kali ini saya akan memberikan tips untuk para blogger mengenai Sitemap yang digunakan disetiap website ataupun blogger. Semoga artikel saya ini bermanfaat bagi kalian semua.

Pengertian dan Fungsi Lengkap Sitemap

Pengertian Sitemap

Sebuah Sitemap atau peta situs adalah daftar halaman sebuah situs web yang dapat diakses crawler atau pengguna. Ini bisa berupa dokumen dalam bentuk apapun yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk desain Web, atau halaman Web yang mencantumkan halaman-halaman di situs web , biasanya disusun dalam mode hierarkis.

Lebih jelasnya adalah segala sesuatu yang menggambarkan dan menjelaskan peta sebuah website yang berupa informasi mengenai halaman, file, maupun label. Sitemap dibuat agar memudahkan mesin pencari Google untuk menemukan halaman atau artikel kita.

Sitemap membuat hubungan antara halaman dan komponen konten lainnya. Ini menunjukkan bentuk informasi dalam gambaran umum. Sitemap dapat menunjukkan sistem organisasi, navigasi, dan pelabelan.

Fungsi Sitemap
Fungsi Sitemap adalah untuk mengindex dan menampilkan semua artikel di pencarian Google agar dapat dibaca dan diketahui oleh banyak orang di dunia. Sitemap juga memberikan sistem apa saja yang ada didalam website atau blog tersebut.

Saat ini Sitemap dapat menampilkan semua metadata yang ada pada website atau blog kita baik itu berupa teks, gambar, suara, mapun video kepada pengunjung. Sitemap membuat website atau blog kita menjadi lebih terstruktur dan mudah untuk dibaca dan dikenali.

Sitemap juga dapat menampilkan artikel apa saja pada website atau blog kita yang sudah terindex oleh Google lalu memberikan informasi kepada kita. Dengan adanya sitemap ini kita dapat mengetahui artikel mana saja dan apa saja yang sudah masuk ke sistem pencarian Google.

Jenis Sitemap
Ada dua jenis versi populer dari sebuah Sitemap. Sitemap tipe XML adalah format terstruktur yang tidak perlu dilihat pengguna, namun ini memberi tahu mesin telusur tentang halaman di sebuah website atau blog dan seberapa sering website itu diperbarui. 

Sitemap HTML dirancang bagi pengguna untuk membantu mereka menemukan konten di sebuah laman, dan tidak perlu menyertakan setiap subhlaman. Ini membantu pengunjung dan mesin pencari Google untuk mencari halaman di sebuah situs. 

Kalian tidak dapat mengirimkan peta situs HTML di Google Webmaster Tools karena HTML bukan format Sitemap yang didukung oleh Google. Sementara beberapa pengembang berpendapat bahwa index situs adalah istilah yang lebih tepat digunakan untuk fungsi halaman relay, pengunjung web terbiasa melihat setiap istilah. 

Namun, indeks situs sering digunakan untuk memberi indeks A-Z yang menyediakan akses berdasarkan huruf alfabet ke konten tertentu, sementara Sitemap memberikan tampilan top-down umum dari keseluruhan isi situs yang diatur dengan sistem klasifikasi.

2 Komentar

makasih infonya mas ane blogger baru jadi lumayan membantu saya untuk memahami sitemap hehe...


EmoticonEmoticon