Apa arti "M" Dalam Graphic Card ?

Apa arti "M" Dalam Graphic Card ? - Kali ini saya akan menjelaskan apa arti M dalam sebuah seri Graphic Card. Karena banyak sekali diluar sana model - model baru dari Graphic Card yang digunakan dan banyak pula orang yang tidak mengetahui artinya.


Apa arti "M" Dalam Graphic Card ?

Apa arti M dari sebuah Graphic Card ?

Siapa pun yang telah membeli untuk mendapatkan rig sebuah komputer pasti tahu bahwa Graphic Card (GPU) bisa dibilang hal yang paling penting untuk dipertimbangkan. Tanpa kartu grafis yang sesuai untuk game yang ingin kalian mainkan, kalian akan terjebak dengan grafis yang buruk dan mengakibatkan kenyamanan untuk bermain berkurang.

 Baca Juga : Perbedaan Laptop dan Notebook

Membeli laptop gaming menambah sedikit kerumitan dalam proses pembelian. Kalian mungkin pernah mendengar bahwa NVIDIA GTX 980 adalah GPU yang hebat bahkan bisa menjalankan VR dan laptop ini mengatakan bahwa notebook ini memiliki GTX 980M. Kalian membeli laptop, membawanya pulang, dan menyadari bahwa kalian tidak dapat memainkan game terbaru di setelan ultra.

Jadi, maksud dari "M" dari sebuah Graphic Card adalah seri yang diberikan tersebut adalah versi Mobile atau seri tersebut memang dikhususkan untuk penggunaan pada laptop.

Perbedaan  GPU Laptop dan Komputer
Perbedaan biasanya diakibatkan karena jumlah ruang pada laptop dan jumlah ruang pada komputer untuk GPU itu sendiri. Hanya ada sedikit ruang pada laptop, bahkan laptop yang dikhususkan untuk gaming yang berat.

Kurangnya ruang ini secara optional membuat Graphic Card yang dipakai berbeda dari yang dirancang untuk komputer. NVIDIA, sampai kartu seri terbaru mereka, memberi nama kartu grafis yang serupa dan hanya menambahkan M ke akhiran nomor serinya. AMD juga melakukan hal yang sama pada GPU komputer dan laptop.

 Baca Juga : Perbedaan Laptop dengan Komputer

Sementara arsitektur GPU pada laptop dan komputer sama. Jika kalian membandingkan AMD Radeon R9 380 dengan AMD Radeon R9 M380, kalian akan mendapatkan kinerja sekitar setengah dari versi mobile seperti versi komputer kalian. 

Lebih baik memilih Laptop atau Komputer ?
Apakah kalian membeli laptop atau komputer hanya digunakan benar-benar untuk game ?. Tetapi tergantung pada game apa yang ingin kalian mainkan dan berapa banyak uang yang ingin kalian belanjakan. Laptop umumnya lebih mahal daripada komputer, namun jelas lebih ringkas.

Sebelum kalian memilih untuk membeli laptop baru, pastikan untuk memeriksa apakah GPU laptop itu ada atau tidak, dan jika memang demikian, pastikan Anda membandingkannya dengan komputer yang spesifikasinya hampir sepadan.


EmoticonEmoticon