Pengertian dan Jenis Uniform Resource Locators / URL

Pengertian Uniform Resource Locators - Jika Anda pernah mendengar istilah "alamat web", dan tidak yakin apa artinya itu, artikel ini cocok untuk Anda. Kita akan membahas seperti apa alamat web itu, masuk ke bagian URL yang berbeda, dan mencari tahu bagaimana semua isi yang sesuai dalam konteks Internet dan World Wide Web.


Pengertian dan Jenis Uniform Resource Locators / URL

Pengertian
URL adalah karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi sumber sebuah web melalui jaringan. Protokol URL termasuk HTTP (Hypertext Transfer Protocol) dan HTTPS (HTTP Secure). URL juga digunakan untuk menunjuk ke halaman web, komponen halaman web atau program di sebuah situs web.

Jenis Uniform Resource Locators

Ada berbagai macam jenis URL, serta istilah yang berbeda untuk menggambarkan seperti apa URL. Sebagai contoh:
Messy : Ini adalah URL dengan banyak nomor dan huruf kacau " http://www.contoh.com/reyrehbfhd1295167012 ". Biasanya, URL ini dihasilkan oleh program komputer yang membuat ribuan halaman Web dengan nama domain yang sama.
Dinamis : Inilah penjelasan sebelumnya tentang "URL yang berantakan". URL dinamis adalah hasil akhir kueri basis data yang menyediakan keluaran konten berdasarkan hasil kueri tersebut. URL akhirnya terlihat cukup kacau, alias "berantakan", dan sering kali termasuk karakterseperti ?, &,%, +, =, $. URL dinamis sering ditemukan sebagai bagian dari situs web berbasis konsumen, belanja, perjalanan, atau apapun yang memerlukan perubahan bagi pengguna.
Statis : URL statis adalah kebalikan dari URL dinamis. URL "terprogram" ke kode HTML halaman Web dan tidak akan berubah tergantung pada permintaan pengguna.
Obfuscated : Obfuscated, or hidden, URL digunakan dalam web penipuan atau phising . Pada dasarnya, URL yang familiar terdistorsi dalam beberapa cara untuk membuatnya tampak sah. Pengguna mengklik URL yang dialihkan ke situs web phising.

Bagian dari URL
Http: // : "HTTP" adalah singkatan dari Hypertext Transfer (atau Transport) Protocol, dan merupakan teknologi identifikasi yang digunakan untuk berkomunikasi antara server Web dan pengguna yang mengakses informasinya. 
Di beberapa URL, kalian mungkin melihat "HTTPS", yang merupakan singkatan dari "Hyper Text Transfer Protocol", sebuah teknologi aman yang dikembangkan untuk menjaga agar terhindar transaksi dan informasi yang tidak aman saat online. 
Bagian pertama dari URL ini menunjukkan protokol yang akan digunakan URL untuk mengirimkan informasi dari server ke pengguna, dan berada di depan nama domain, dipisahkan oleh ": //".
Nama domain : Nama domain adalah representasi tekstual dari alamat IP, digunakan untuk mengidentifikasi halaman Web tertentu atau halaman, dan muncul setelah ": //". Misalnya, salah satu alamat IP yang ditugaskan ke web adalah 86.46.178.38. Sebaliknya, nama domain untuk alamat sebuah web contohnya Nusantekno adalah nusantekno.com 
Garis miring diikuti nama file : Biasanya dalam hal ini berisikan arsip-arsip yang berupa informasi. Informasi dan arsip hanya mencari tempat file-file yang  dapat ditemukan di server Web, lalu menampilkannya untuk pengguna.
Nama file : Nama file, biasanya diakhiri dengan .html atau .htm. Contoh nama file adalah "hav133". Dengan melihat melalui URL, kitai dapat menyimpulkan bahwa file tersebut terletak pada sub-direktori.

Sejarah singkat URL
URL pertama kali ditemukan oleh Tim Barnes Lee pada tahun 1991 dengan tujuan untuk mempermudah mengatur arsip dan dokumen yang terdapat pada WWW saat itu.


EmoticonEmoticon