8 Kelebihan Ubuntu serta Kekurangannya

8 Kelebihan Ubuntu serta Kekurangannya - Ubuntu merupakan salah satu dari sekian banyak sistem operasi open source. Dari sekian banyaknya sistem operasi yang ada saat ini, Ubuntu menjadi favorit banyak orang. Karena Ubuntu lah yang paling sedikit bugnya dibanding lainnya. Jarang sekali orang yang menggunakan mengalami masalah.


8 Kelebihan Ubuntu serta Kekurangannya

Kelebihan Ubuntu

1. Open source
Open Source atau dengan kata lain bebas untuk digunakan tanpa perlu mengkhawatirkan lisensi. Jadi kita tidak perlu crack dan bajakan yang tidak jelas, yang pada akhirnya malah menghabiskan waktu dengan percuma hanya untuk mencari serial number yang fake, crack, cheating license, atau tujuan lain yang serupa.

Dengan menggunakan Ubuntu, kalian akan terbiasa dengan Linux dan command yang sering digunakan pada berbagai keperluan, seperti untuk mengelola server, ataupun lainnya. Karena Ubuntu juga salah satu sistem operasi yang paling sering digunakan untuk sebuah server

2. Jarang terkena virus
Linux khususnya Ubuntu juga tidak menutup kemungkinan bisa terkena virus juga. Namun kemungkinan terkena virus sangatlah kecil dan jarang sekali terjadi. Karena sekarang virus bisa masuk dari berbagai sumber, salah satunya dari internet dan juga flash drive ketika digunakan secara bergantian.

3. Tidak memerlukan driver
Menginstall driver terkadang bisa memakan waktu yang cukup lama dan itu adalah kegiatan yang sangat menyebalkan. Lebih parahnya jika sebuah komputer tidak dilengkapi dengan driver, karena tentu kita harus mencari sendiri driver dari setiap perangkat yang terdapat pada komputer kita, mulai dari VGA, wireless, LAN, Audio, dll. 

Tetapi ketika kalian menginstall Ubuntu kalian tidak perlu lagi memikirkan driver. Ketika kalian selesai melakukan install, kalian tidak perlu mengkhawatirkan masalah driver yang belum terinstall, karena Ubuntu sudah support pada kebanyakan peripheral komputer yang ada. Dan kalian bisa memanfaatkan waktu kalian untuk hal lain yang lebih bermanfaat daripada waktu untuk install driver. 

4. Aplikasi bawaan yang lengkap
Ubuntu atau Linux pada umumnya memiliki aplikasi bawaan yang sangat lengkap. Buktinya adalah, pada Ubuntu ada banyak sekali aplikasi yang bisa langsung digunakan, bahkan aplikasi tersebut sudah standar office. Ubuntu yang baru diinstall juga sudah terinstall browser, yaitu Mozilla Firefox. Dan masih banyak lagi aplikasi lain yang cocok digunakan untuk berbagai pekerjaan. 

Bahkan untuk hiburan, sudah ada game bawaan yaitu "Solitaire". Untuk email, Ubuntu sudah ada "Thunderbird Mail". Aplikasi lain untuk tujuan editing layaknya Photoshop seperti Gimp atau pengolah vektor seperti Inkscape. Namun jangan harap untuk menemukan fitur yang sama persis seperti Photoshop di aplikasi ini, karena tentu saja berbeda.

Baca Juga : 9 Fitur yang Harus Dimatikan Pada Windows 10

5. Tampilan yang keren
Ubuntu bisa menjadi alternatif untuk mengatasi rasa bosan karena sudah terbiasa menggunakan OS yang begitu-begitu saja. Tampilan GUI (Graphical user interface) Ubuntu mempunyai ciri khas tersendiri yang memungkinkan penggunanya nyaman dan betah berlama-lama mengoperasikan Ubuntu. GUI Ubuntu ini lebih nyaman untuk dipandang. Juga tidak ketinggalan desktop environment-nya yang sangat keren. 

6. Waktu booting dan shutdown lebih cepat
Ketika pertama kali boot, Ubuntu relatif lebih cepat dibandingkan OS lainnya. Begitu juga dengan saat Shutdown time nya, Ubuntu memiliki waktu boot sangat cepat dan dapat menghemat waktu kalian. Hal ini sudah terbukti bahkan pada hardware yang sama persis untuk bahan uji cobanya. 

7. Keamanan
Ubuntu relatif  lebih memperhatikan dalam hal security atau kemananan. Hal itu terbukti dari sangat minimnya angka infeksi virus dalam Ubuntu. Jarang sekali adanya gangguan virus pada perangkat komputer yang terinstall Ubuntu. Walaupun memang virus yang diciptakan untuk Linux itu mungkin saja ada, namun kemungkinannya sangatlah kecil. 

8. Aplikasi windows dapat dijalankan di Ubuntu
Hal ini menjadi poin keren selanjutnya dari Ubuntu. Kalian dapat menjalankan berbagai macam aplikasi Windows pada Ubuntu dengan menggunakan aplikasi Wine. Untuk apa pakai Windows jika aplikasinya bisa dijalankan langsung pada Ubuntu. Namun meskipun begitu, tetap saja aplikasi yang dijalankan memakai Wine tidak akan sesempurna ketika dijalankan pada sistem operasi Windows sungguhan. 

Kekurangan Ubuntu

1. Aplikasi yang tersedia masih sedikit
Aplikasi yang tersedia memang relatif sedikit apabila dibandingkan dengan aplikasi untuk sistem operasi Windows atau Mac. Namun hal ini relatif dan tergantung dari penggunanya itu sendiri, mengingat kebutuhan dari setiap orang tentu berbeda.

Tetapi memang kenyataannya Ubuntu memiliki batasan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Ubuntu biasanya hanya dikhusukan untuk menjalankan sebuah sistem saja. Jadi aplikasi yang digunakan juga tidak terlalu banyak

2. Tidak mudah untuk digunakan
Ubuntu akan menjadi sesuatu yang aneh bagi seorang newbie atau pengguna yang benar-benar baru untuk pertama kali menggunakannya. Kurang familiar, terutama bagi pengguna Windows. Karena User Interface nya sangat berbeda jika dibandingkan dengan Windows. Seseorang yang baru mengenal Ubuntu akan merasakan keanehan ketika baru pertama kali menggunakan Ubuntu.


Mungkin itu saja hal yang kurang untuk Ubuntu. Sebenarnya Ubuntu memiliki User Interface yang keren tetapi memang penggunaannya yang tidak mudah seperti Windows atapun Mac.


EmoticonEmoticon