9 Fitur yang Harus Dimatikan Pada Windows 10

9 Fitur yang Harus Dimatikan Pada Windows 10 - Hari ini saya akan memberikan informasi mengenari fitur-fitur apa saja yang harus dimatikan pada Windows 10. Tentu saja jika fitur itu memang tidak terpakai atau tidak berguna.

9 Fitur yang Harus Dimatikan Pada Windows 10

Fitur yang harus dimatikan

Apakah kalian baru saja meng-upgrade Operating System kalian ke Windows 10? Mungkin tanpa sengaja ?Jika kalian menggunakan penginstalan Windows 10, kalian mungkin ingin men-tweak beberapa pengaturan kalian sebelum kalian melanjutkan.

Kalian tahu, demi privasi, kecepatan dan kenyamanan. Berikut adalah 9 Fitur yang Harus Dimatikan Pada Windows 10 - yang dapat kalian nonaktifkan di Windows 10.

1. File Sharing Update
Salah satu fitur baru Windows 10 adalah sistem pengiriman update secara optimal, yang memungkinkan kalian mendownload pembaruan dari komputer Windows 10 lainnya melalui Internet tidak hanya dari server Microsoft. 

Hasil downloadnya, tentu saja komputer kalian juga digunakan sebagai hubungan pembaruan untuk pengguna Windows 10 lainnya. Fitur ini diaktifkan secara default, namun kalian dapat menonaktifkannya dengan membuka Settings > Update & security > Advanced options > Pilih how updates are delivered.

2. Notifikasi yang Mengganggu
Windows 10 Action Center adalah pusat pemberitahuan yang berguna untuk memberikan info semua pemberitahuan kalian berupa aplikasi, pengingat, program yang baru diinstal. Namun, kelebihan notifikasi pasti merupakan sesuatu yang mengganggu, terutama bila kalian menambahkan pemberitahuan yang tidak perlu. 

Kalian dapat mengaturnya dengan membuka Settings > System > Notifications & actions dan mematikan hal-hal seperti Show me tips about Windows dan pemberitahuan aplikasi lainnya

3. Iklan di Startmenu
Microsoft benar-benar mengupdate aplikasi Windows Store yang terbaru sehingga, kalian mungkin melihat aplikasi yang tidak kalian download di Start Menu milik kalian. Aplikasi yang disarankan ini pada dasarnya adalah iklan.

Matikan iklan ini dengan membuka Settings > Personalization > Start > Occasionally show suggestions in Start

4. Menargetkan iklan dari aplikasi pihak ketiga
Microsoft benar-benar menjaga preferensi dan kebiasaan browsing kalian di Windows 10. Kalian bahkan memiliki ID iklan unik, yang perusahaan gunakan untuk menampilkan iklan bertarget.

Microsoft juga membagikan ID / profil iklan ini dengan aplikasi pihak ketiga dari Windows Store, kecuali jika kalian menonaktifkan berbagi informasi ini. Kalian dapat menonaktifkannya dengan membuka Settings > Privacy > General > Let my apps use my advertising ID for experiences across apps (Ini akan mereset ID kalian).

5. Fitur Getting to know you (Cortana)
Cortana, asisten pribadi adaptif kalian dari Windows 10. Cortana mengumpulkan informasi seperti pola bicara dan tulisan tangan dan sejarah mengetik kalian, yang mungkin menurut saya pribadi cukup mengganggu dan menyeramkan.

Kalian dapat mematikan fitur Cortana untuk berhenti mengenal kalian pengguna Windows 10, dan menghapus informasi dari perangkat kalian, dengan membuka Settings > Privacy > Speech, inking, & typing dan pilih Stop getting to know me.


6. Aplikasi yang berjalan di Background
Di Windows 10, banyak sekali aplikasi yang akan berjalan di, bahkan jika kalian tidak membukanya aplikasinya akan berjalan secara default. Aplikasi ini dapat menerima informasi, mengirim pemberitahuan, mendownload dan menginstal pembaruan.

Untuk menonaktifkannya, buka Settings > Privacy > Background apps dan matikan setiap aplikasi satu per satu.

7. Lock Screen
Windows 10 adalah sistem operasi universal yang dirancang untuk semua perangkat mobile dan stationar. Untuk alasan ini, Windows 10 memiliki layar kunci dan layar masuk, yang sedikit mengganggu bagi orang-orang yang ingin cepat masuk ke perangkat mereka. 

Kalian dapat menonaktifkan layar kunci dan langsung masuk ke layar masuk, namun kalian harus masuk ke Windows Registry

8. Sinkronisasi
Semuanya system settings, tema, kata sandi, riwayat penelusuran akan disinkronkan ke semua perangkat yang terhubung secara default. Tapi tidak semua dari kita ingin history pencarian kita disinkronkan dari ponsel kita ke komputer kita, jadi inilah cara mematikan sinkronisasi. Untuk menonaktifkan setelan sinkronisasi (termasuk tema dan kata sandi), buka Settings > Accounts > Sync your settings.

Kalian dapat mematikan semua setelan yang disinkronkan, atau kalian dapat secara selektif mematikan pengaturan tertentu. Untuk menonaktifkan sinkronisasi history penelusuran, buka Cortana, lalu buka Settings > My device history dan My search history

9. Automatic Updates
Windows 10 mendownload dan menginstal pembaruan secara otomatis, dan kalian tidak dapat benar-benar mematikannya. Sebenarnya sistem operasi yang up to date adalah sistem operasi yang paling aman. Tetapi jika karena alasan tertentu kalian ingin mencegah komputer kalian mendownload dan menginstal pembaruan Windows 10 secara otomatis.

3 Komentar

apakah benar fitur auto update pada windows 10 pro tidak dapat di nonaktifkan?

Bisa kok di nonaktifkan. Tunggu artikel selanjutnya ya

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon