Pentingnya Sitelink dan Cara Mendapatkannya

Pentingnya Sitelink dan Cara Mendapatkannya - Halo bersama saya dengan blog tercinta ini. Kali ini saya akan memberikan ilmu baru yaitu Sitelink untuk kalian para Blogger. Yuk simak sampai tuntas


Definisi Sitelink

Sitelinks adalah format daftar di SERPs yang menampilkan halaman utama sebuah situs web atau blog serta beberapa link internal yang ditargetkan menjorok di bawah entri utama, dan disusun menjadi dua kolom. Biasanya sitelink menunjukkan daftar halaman utama, dan menunjukkan link situs internal.

Sitelinks hanya ditampilkan untuk hasil yang berlabel atau navigasi. Google secara algoritma mengenalkan sebuah website atau blog lewat keywordnya , Google juga menampilkan sebagai hasil utama, namun juga opsi tambahan yang mengarahkan pengguna ke halaman internal.

Apakah Sitelink Penting ?
Tentu saja Sitelink sangatlah penting bagi sebuah website atau blog. Sitelink dikhususkan untuk membantu pengguna menavigasi situs kalian dan untuk menghemat waktu pengguna serta memungkinkan mereka menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat. 

Dengan kata lain, sitelinks memberi pengguna hasil terbaik dalam waktu sesingkat-singkatnya. Sitelink juga dapat menambah reputasi website, meningkatkan CTR, dan meningkatkan kualitas halaman internal pada website atau blog kalian.

Cara Mendapatkan Sitelink
Langkah-langkah untuk mendapatkan Sitelink adalah

1. Gunakan nama blog unik
Sitelink bergantung pada pemilihan nama website atau blog kalian. Situs kalian tidak akan mendapat halaman pertama untuk penelusuran navigasi kecuali ada sesuatu yang membedakannya dengan website lain.

2. Buatlah navigasi dan struktur yang jelas
Situs web dengan navigasi dan struktur yang jelas akan mudah di crawl oleh Google, mudah dinavigasi dan kemungkinan besar mendapatkan halaman pertama. Saat kalian mengembangkan navigasi situs, pastikan bahwa itu memiliki urutan yang jelas dan logis. 

Bar navigasi kalian akan menjadi cara utama untuk menampilkan struktur situs kalian. Bar navigasi yang bagus memiiki bagian yang penting pada situs kalian, tempat gambar yang jelas, dan mengikuti struktur yang benar. 

Kategori navigasi yang terstruktur meliputi Home, Menu, dan Contact . Kalian dapat menempatkan panel navigasi di bagian atas atau samping setiap halaman agar mudah diakses.

3. Buat Sitemap
Untuk meningkatkan keberadaan website kalian, maka kalian harus membuat sebuah sitemap. Sitemap berguna sebagai navigasi yang jelas dan memudahkan untuk mendapatkan Sitelink.

4. Buat link internal yang saling terhubung
Link internal disini berfungsi untuk memudahkan pembaca agar menemukan arti atau maksud dari sebuah kata yang baru dan menurut mereka masih asing bagi mereka. Link internal juga dapat memuat gambar antar halaman atau artikel.

5. Konten yang relevan dan mengandung informasi
Semuanya bergantung pada konten. Tujuan Google dalam menyediakan sitelinks adalah memberikan pengguna untuk mendapatkan informasi yang paling relevan. Halaman kalian harus memiliki konten yang relevan, dan mengandung banyak informasi. 

Terkadang, web memiliki konten yang minim pada halaman navigasi utama. Ini merupakan sebuah kesalahan. Dengan menampilkan banyak konten padat di sebuah halaman, kalian akan memperbaiki kualitas SEO di website atau blog kalian, termasuk memiliki sitelinks yang tepat dan akurat.

6. Pengunjung
Yang terakhir ini adalah hal yang paling krusial. Pengunjung merupakan hal yang paling utama untuk sebuah website atau blog. Maka dari itu web kalian harus memiliki traffic pengunjung yang imbang dengan konten yang kalian buat.

4 Komentar

Nice, penjelasannya Sangat lengkap, oke saya paham gan, thanks

Ini dia yang saya cari, tks info nya gan

alhamdulillah nambah wawasan lagi mas makasih


EmoticonEmoticon