Pengertian dan Fitur Pada Google Webmaster

Pengertian dan Fitur Pada Google Webmaster - Hari ini saya akan menjelaskan tentang pengertian Google Webmaster dan saya akan memberikan cara untuk mendaftarkan website atau blog anda ke Google Webmaster.

Pengertian dan Fitur Pada Google Webmaster

Pengertian Google Webmaster

Google Search Console adalah sebuah alat untuk memaksimalkan kerja SEO yang populer,terpercaya, dan gratis. Google Search Console memungkinkan para webmaster, konsultan SEO dan para marketing online untuk mendapatkan wawasan pentingnya SEO dan meningkatkan visibilitas dan keramahan pengguna di situs web atau blog mereka. Dulu Google Search Console ini disebut dengan yang Google Webmaster Tools

Google Webmaster Tools juga menjelaskan bagaimana Google melihat situs kaliam saat online. Google Webmaster menggunakan alat ini untuk memperbaiki masalah pada situs kalian jika memang ada. Google Webmaster memberikan banyak sekali alat yang dapat digunakan utnuk meningkatkan visibilitas website atau blog kalian.

Fitur yang terdapat pada Google Webmaster
Setelah kita mendaftarkan website atau blog kita pada Google Webmaster maka kita akan memperoleh banyak sekali informasi dan fitur. Fitur yang terdapat pada Google Webmaster antara lain adalah

1. Crawl Errors
Google Webmaste memberikanmu tentang informasi mengenai halaman yang tidak bisa di crawl oleh Google. Ini adalah aspek yang sangat penting karena jika Google tidak dapat meng crawl halaman kalian, maka visibilitas mesin pencari kalian mungkin akan turun. Dengan bantuan alat ini, kalian dapat menemukan masalahnya jika memang ada dan mengatasinya.

2. Search Queries
Ini adalah informasi di halaman kalian. Google akan melakukan pencarian dengan informasi pada search engine. Informasi yang bisa kalian dapat dari Queries ini adalah
  • Jumlah total Queries dari halaman kalian ke halaman di internet.
  • Pencarian menggunakan keyword yang paling dicari oleh orang lain.
  • Jumlah halaman yang sudah dilihat menggunakan pencarian Google
  • Jumlah halaman yang diklik oleh orang dengan menggunakan pencarian Google
  • Presentase halaman yang diklik oleh orang dengan menggunakan pencarian Google
  • Rata-rata posisi halaman yang masuk ke pencarian Google
3. Links
Pada Google Webmaster menyediakan jumlah link yang masuk ke artikel atau website kalian. Link keluar yang kalian pasang di website atau blog kalian akan dihitung pada informasi ini.

4. Blocked URL
Saat kalian memiliki konten yang ingin kalian hapus dan tidak mau agar Google menindex ataupun orang lain melihatnya, fitur ini bisa digunakan saat itu. Kalian juga bisa menggunakan robot.txt untuk mengatur artikel mana saja yang diperbolehkan untuk dicrawl ataupun tidak.

5. HTML Errors
Google Webmaster memiliki semua informasi mengenai HTML kalian yang error. Jadi kalian bisa memperbaikinya ataupun kalian bisa menghapusnya. 

6. Fetch as Google
Fetch as Google ini memudahkan untuk mengindex artikel kita, jika memang artikel kita sudah memenuhi kriteria Google. Fetch as Google ini dimaksudkan untuk memberikan saran kepada Google bahwa artikel kita sudah pantas untuk masuk ke mesin pencarian Google.


1 Komentar:


EmoticonEmoticon