Sejarah Keyboard Komputer Dan Penemunya

Sejarah Keyboard Komputer - Kalian semua pasti tahu kan tentang Keyboard untuk mengetik sehari-hari ?. Bahkan di smartphone juga menggunakan tipe keyboard yang sama. Lalu bagaimana sejarah Keyboard itu sendiri ? Yuk, kita simak


Sejarah Teknologi Keyboard Komputer

Penemuan keyboard komputer modern lahir dari penemuan mesin ketik. Dia adalah Christopher Latham Sholes yang pada tahun 1868, mematenkan penemuan mesin ketiknya yang biasa kita gunakan saat ini.

Segera setelah itu, perusahaan Remington Company mulai memasarkan mesin ketik pertama mulai tahun 1877. Tetapi sebelum mesin ketik berevolusi menjadi keyboard komputer, ada beberapa waktu yang berlangsung sebelum transisi untuk perkembangan teknologi yang utama.

Salah satu terobosan pertama adalah mesin teletype. Juga disebut sebagai teleprinter, teknologinya sekitar sejak pertengahan tahun 1800an dan diperbaiki berkat penemu seperti Royal Earl House, David Edward Hughes, Emile Baudot, Donald Murray, Charles L. Krum, Edward Kleinschmidt dan Frederick G. Creed . Namun melalui upaya Charles Krum bahwa teletype mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun 1907 sampai 1910 dengan cara membuat sistem yang jauh lebih praktis.

Model yang diperkenalkan pada tahun 1930an menggabungkan teknologi mesin ketik yang digunakan sebagai input dan perangkat percetakan dengan telegraf . Di tempat lain, sistem keypunched (seperti mesin ketik) digabungkan dengan mesin ketik untuk menciptakan apa yang disebut keypunches. Sistem ini menjadi basis mesin awal dan IBM menjualnya lebih dari satu juta dolar pada tahun 1931.

Salah satu komputer paling awal adalah komputer Eniac 1946 , yang menggunakan keypunched sebagai perangkat input dan outputnya. Pada tahun 1948, komputer lain yang disebut komputer Binac menggunakan mesin ketik elektrik yang dikendalikan secara mekanis untuk memasukkan data masukan secara langsung ke pita magnetik agar bisa memberi input data komputer dan mencetak hasilnya. 

Kalian bisa mengatakan bahwa keyboard komputer awalnya diadaptasi dari teknologi keypunched dan teletype. Mesin ketik listrik yang muncul semakin memperbaiki teknologi antara mesin ketik dan komputer.

Mengapa tombol pada Keybord disusun secara Acak ?
Tata letak mesin ketik disusun pada tahun 1873 ketika Christopher Latham Sholes melakukan perbaikan pada model mesin ketiknya. Dia merancang mesin ketik yang lebih cepat dan lebih efisien untuk E. Remington and Sons. 

Sholes melihat susunan alfabet pada model aslinya cenderung mudah macet, jadi dia mengubah susunan alfhabet lalu menyebarkan huruf yang paling umum digunakan terbentang lebih jauh. Model QWERTY Sholes dinobatkan sebagai Remington dan tersedia sebagai mesin ketik komersial pertama di tahun 1874.

4 Komentar

jadi tau sejarah keyboar :D

makasih infonya, baru tau keyboard ada sejarahnya yang saya tau komputer aja ada sejarahnya

belajarlah dari sejarah... good artikel...


EmoticonEmoticon