Jenis - Jenis Jaringan Internet

Jenis - Jenis Jaringan Internet - Halo sobat setia pembaca NusanTekno, kali ini saya akan menjelaskan tentang apa saja jenis-jenis jaringan pada internet itu. Tanpa basa-basi lagi yuk langsung saja ya.


Definisi Jaringan Internet

Ada banyak sekali jaringan yang dapat diklasifikasikan, seperti dari ukuran, kemampuan dan jarak geografis yang melingkupinya. Jaringan hanyalah sekelompok dua atau lebih sistem komputer yang terhubung bersama-sama sedemikian rupa sehingga dapat berbagi data di antara keduanya.

Berbagai jenis jaringan memberikan layanan yang berbeda, dan membutuhkan hal yang berbeda agar dapat bekerja dengan baik. Sebagian besar jenis jaringan dikenal sebagai jenis jaringan 'area' yang berbeda. 

Hal ini disebabkan oleh sejarah jaringan, dan berasal dari waktu ketika jaringan komputer didefinisikan oleh skala literalnya. Beberapa jenis jaringan yang paling umum yang mungkin kalian belum ketahui

1. Local Area Network (LAN)
LAN ini adalah jaringan yang paling sederhana. Jaringan LAN menghubungkan komputer bersama-sama dengan jarak yang relatif  kecil, seperti di dalam satu bangunan atau di dalam bangunan-bangunan yang kecil. 

Rumah sering memiliki jaringan LAN juga, apalagi jika ada lebih dari satu perangkat di rumah. Biasanya perangkat tersebut tidak terhubung lebih dari satu subnet, jika ada, dan biasanya dikendalikan oleh administrator tunggal. Perangkat tersebut tidak harus terhubung ke internet untuk bekerja.

2. Wide Area Network (WAN)
WAN ini adalah salah satu kategori jaringan asli, dan sedikit lebih kompleks. Jaringan WAN menghubungkan komputer bersama-sama pada jarak yang relatif besar, menghubungkannya dari jarak jauh melalui satu jaringan besar dan memungkinkan mereka berkomunikasi bahkan saat berjauhan. Internet adalah WAN, dan menghubungkan komputer ke seluruh dunia.

LAN terhubung ke WAN, seperti internet, menggunakan router untuk mentransfer data dan informasi dengan cepat dan aman. WAN biasanya terlalu besar untuk dikendalikan oleh satu administrator, dan biasanya kepemilikan kolektif, atau dalam kasus internet, dimiliki oleh publik.

3. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN ini adalah jaringan yang lebih besar dari LAN tapi lebih kecil dari WAN, dan menggabungkan elemen keduanya. Ini biasanya mencakup sebuah kota dan dimiliki oleh satu orang atau perusahaan, seperti dewan daerah atau perusahaan besar.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi World Wide Web / WWW

4. Campus Area Network 
Ini adalah jaringan yang lebih besar dari LAN, tapi lebih kecil dari MAN. Ini biasanya ada di bidang-bidang seperti universitas, sekolah besar atau usaha kecil. Hal ini biasanya tersebar di kumpulan bangunan yang cukup dekat satu sama lain. Jaringan ini mungkin memiliki Ethernet internal serta kemampuan untuk terhubung ke internet.

5. Wireless Local Area Network
Ini adalah LAN yang bekerja menggunakan teknologi jaringan nirkabel seperti Wi-Fi. Jenis jaringan ini menjadi lebih populer karena teknologi nirkabel dikembangkan lebih lanjut dan digunakan lebih banyak di rumah dan oleh usaha kecil. Ini berarti perangkat tidak perlu bergantung pada kabel fisik dan kabel yang banyak

6. System Area Network 
Jaringan ini menghubungkan komputer secara bersamaan pada koneksi berkecepatan tinggi, dalam konfigurasi yang dikenal sebagai cluster. Komputer yang terhubung bersama dapat bekerja sebagai satu sistem, dan dapat dilakukan sebagai hasil dari komputer dengan kecepatan sangat tinggi dan mikroprosesor berbiaya rendah yang baru. Jaringan ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kinerja dan efektivitas biaya.

7. Storage Area Network
Jaringan ini menghubungkan server secara langsung ke perangkat yang menyimpan sejumlah data tanpa bergantung pada jaringan LAN atau WAN untuk melakukannya. Jaringan ini bisa melibatkan jenis koneksi lain yang dikenal sebagai Fibre Channel, sebuah sistem yang serupa dengan Ethernet yang menangani penyimpanan disk berkinerja tinggi untuk aplikasi pada sejumlah jaringan profesional.

2 Komentar

sangat bermanfaat gan, jadi lebih tau... bisa buat nambah pengetahuan juga

Terimakasih semoga artikel ini dan yang lainnya bermanfaat untuk orang banyak


EmoticonEmoticon