Pengertian dan Memahami CPM, CPC, CPA, dan CTR

Pengertian dan Memahami CPM, CPC, CPA, dan CTR - Bagi kalian mungkin orang yang baru bergabung didunia AdSense atau blogger mungkin bingung mengenai CPM, CPC dan lainnya. Saya dulu sama dengan kalian yang masih belum mengenal hal-hal tersebut. Kali ini saya akan memberikan pengertiannya agar kalian dapat memahaminya.


Apa Itu CPM ?
CPM adalah singkatan dari Cost per Thousand (M mengartikan simbol 1000 dalam angka Romawi). Di bidang periklanan online, Kalian dapat mengisi berdasarkan jumlah tayangan iklan banner / tautan tertentu. Biasanya CPM kalian bisa berupa apapun dari $1 sampai $5. Banyak jaringan periklanan memberikan kalian CPM klien berdasarkan kualitas website atau blog kalian.

Apa itu CPC ?
CPC singkatan dari Cost per Click. Kalian harus membayar (jika kalian memasang sebuah iklan di website/blog orang lain) atau kalian akan mendapatkan (jika seseorang memasang iklannya di blog kalian) setiap kali seseorang mengklik iklan tersebut.

Google AdSense adalah contoh yang sangat terkenal saat ini. Google membebankan ke klien mereka untuk setiap klik yang mereka dapatkan di iklan mereka dan Google membayar kalian setiap kali seseorang mengeklik iklan (iklan Google Adsense) yang berjalan di website/blog kalian.

Baca JugaPentingnya Sitelink untuk Blog dan Cara Mendapatkannya

Apa itu CPA ?
CPA singkatan dari Cost per Action. Action atau tindakan tersebut bisa berupa, Seorang pengunjung mengklik banner kalian, datang ke website/blog kalian dan mengisi formulir pertanyaan sederhana/survey (CPR - Cost Per Registration), atau jika pengunjung melakukan pembelian (CPS - Cost Per sale ). Bisa berupa biaya flat atau komisi persentase penjualan yang dilakukan.

Apa itu CTR ?
CTR adalah singkatan dari Click through Rate. CTR dihitung berdasarkan persentase. Saya akan menjelaskannya lebih rinci. Misalkan kalian telah memasang satu iklan di website atau blog kalian dan banyak pengunjung kalian adalah 100 kali sehari lalu 3 orang mengklik iklan tersebut maka CTR kalian akan menjadi 3% atau 0,03

Jika 10 orang dari 10000 tayangan iklan mengklik iklan maka CTR kalian akan menjadi 0,1% atau 0,001.

Rumus perhitungannya adalah
(Jumlah Klik / Jumlah Tayangan) x 100


EmoticonEmoticon