Teknologi Virtual Reality (VR) dan Fungsinya

Teknologi Virtual Reality (VR) dan Fungsinya - Teknologi semakin tahun semakin berkembang. Salah satunya adalah Virtual Reality atau yang biasanya kita kenal dengan VR ini. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan Teknologi tersebut beserta fungsinya.

Teknologi Virtual Reality (VR) dan Fungsinya

Teknologi Virtual Reality

Virtual reality ( VR ) adalah teknologi komputer yang menggunakan Virtual Reality Headset, terkadang dikombinasikan dengan ruang fisik atau lingkungan yang diproyeksikan, menghasilkan gambar, suara, dan sensasi sensasional yang nyata yang mensimulasikan kehadiran fisik pengguna di lingkungan virtual atau imajiner.

Seseorang yang menggunakan peralatan virtual reality dapat melihat-lihat dunia buatan, dan dengan menggunakan VR berkualitas tinggi kita dapat bergerak di dalamnya dan berinteraksi dengan fitur atau barang virtual buatan. Headset VR adalah kacamata yang terpasang di kepala dengan layar di depan mata. Program dapat mencakup audio dan suara melalui speaker atau headphone.

Sistem VR yang mencakup transmisi getaran dan sensasi lainnya ke pengguna melalui game controller atau perangkat lainnya dikenal dengan sistem haptic. Informasi taktil ini umumnya dikenal sebagai force feedback dalam aplikasi medis, video game dan pelatihan militer. Virtual Reality juga mengacu pada lingkungan komunikasi jarak jauh yang memberikan kehadiran pengguna secara virtual melalui telepresense.

Fungsi Virtual Reality (VR)
Virtual Reality memiliki fungsi yang banyak sekali. Fungsi-fungsi tersebut antara lain adalah

1. Games
Virtual Reality digunakan di industri game karena dapat menambah kenyamanan dan sensasi atmosfer baru dalam sebuah game. VR ini sudah tidak asing lagi di industri game, biasanya VR akan dipadukan dengan kontroller atau joystick untuk memudahkan dalam pergerakan sebuah game.
2. Bioskop
Film yang diproduksi untuk VR memungkinkan penonton melihat lingkungan 360 derajat di setiap adegan. Bioskop memanfaatkan VR untuk memberikan sensasi film dan seri yang lebih interaktif.

3. Psikologi dan Ilmu Sosial 
Virtual Reality menawarkan ilmuwan sosial dan psikolog sebagai alat yang hemat biaya untuk mempelajari dan meniru interaksi di lingkungan yang terkendali. Penelitian di bidang ini menunjukkan bahwa mewujudkan makhluk lain menghadirkan pengalaman yang sangat berbeda dari sekedar membayangkan diri.

Pakar telah menggunakan virtual reality untuk menyelidiki bagaimana rangsangan digital dapat mengubah persepsi, emosi dan keadaan fisiologis manusia, dan bagaimana interaksi digital dapat memberlakukan perubahan sosial di dunia fisik.

4. Bidang Medis
Teknologi VR memiliki banyak aplikasi yang berguna di bidang medis. Simulasi pembedahan memungkinkan ahli bedah untuk mempraktikkan keterampilan mereka tanpa risiko pada pasien. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dokter yang menerima pelatihan bedah melalui simulasi VR meningkatkan ketangkasan dan kinerja di ruang operasi secara signifikan. 

Dengan VR, mahasiswa kedokteran dan ahli bedah pemula memiliki kemampuan untuk melihat dan mencoba operasi tanpa pergi ke ruang operasi. 

5. Simulasi Berkendara
Dengan adanya VR, para pilot dan supir dapat melatih kemampuan mereka tanpa harus membahayakan keselamatan mereka sendiri. Pilot yang baru biasanya akan menggunakan VR karena rentan terhadap keselamatan mereka


EmoticonEmoticon