Pengertian USB serta Jenis-Jenisnya

Pengertian USB serta Jenis-Jenisnya - Hai sobat NusanTekno kali ini saya akan memberikan sebuah artikel mengenai pengertian dan jenis USB pada komputer atau Laptop kita semua. Yuk simak artikelnya dengan cermat

Pengertian USB serta Jenis-Jenisnya

Pengertian USB

USB singkatan dari Universal Serial Bus , adalah standar industri yang mendefinisikan sebuah kabel, konektor dan protocol komunikasi untuk koneksi, komunikasi, dan menghubungkan antara computer dan sebuah perangkat perangkat.

USB dirancang untuk menyambukan sebuah koneksi peripheral komputer termasuk keyboard, mouse , kamera, printer , disk drive dan adaptor jaringan ke komputer, USB tersebut digunakan untuk berkomunikasi dan memasok listrik .

Hal ini sebagian besar telah menggantikan berbagai kabel koneksi, seperti port serial dan port paralel , serta kabel lighting charger yang terpisah untuk perangkat portabel dan telah menjadi hal biasa pada berbagai perangkat.

Jenis-Jenis USB 
Fungsi USB ditentukan oleh kode jenis yang dikirim ke host USB. Hal ini memungkinkan host untuk memuat modul software untuk perangkat dan untuk mendukung perangkat.

1. USB Drive
USB mengimplementasikan koneksi ke perangkat penyimpanan dengan menggunakan perangkat standar yang disebut USB mass storage device class. Ini pada awalnya ditujukan untuk drive magnetik dan optik tradisional dan telah diperluas untuk mendukung flash drive.

Perangkat ini juga telah diperluas untuk mendukung berbagai macam perangkat baru karena banyak sistem dapat dikendalikan dengan sistem manipulasi file yang familiar di dalam direktori.

Proses pembuatan perangkat baru terlihat seperti perangkat yang familiar juga dikenal sebagai extension. Kemampuan untuk mem-boot SD Card yang terkunci dengan adaptor USB sangat menguntungkan untuk menjaga keamanan dan keadaan media booting agar tidak rusak.

2. Media Transfer Protocol
Media Transfer Protocol (MTP) dirancang oleh Microsoft untuk memberi akses lebih cepat ke filesystem perangkat daripada penyimpanan massal di USB, pada tingkatan file dan bukan pada blok disk.

MTP dirancang untuk digunakan dengan portable media player , namun sejak saat itu diganti sebagai protokol akses penyimpanan utama dari sistem operasi Android dari versi 4.1 Jelly Bean serta Windows Phone 8.

Alasan utama untuk ini adalah bahwa MTP tidak memerlukan akses eksklusif ke perangkat penyimpanan dan utnuk mengurangi masalah potensial jika program Android meminta penyimpanan saat terpasang ke komputer.

3. Device Firmware Update (DFU)
Device Firmware Upgrade (DFU) adalah mekanisme vendor dan perangkat independen untuk mengupgrade firmware perangkat USB dengan versi perbaikan yang disediakan oleh pabrikan mereka, menawarkan cara untuk perbaikan bug firmware. Selama operasi upgrade firmware, perangkat USB mengubah mode operasinya secara efektif menjadi programmer PROM.

Setiap perangkat USB dapat menerapkan kemampuan ini dengan mengikuti spesifikasi DFU resmi. Selain tujuan yang disyaratkan, DFU juga dapat dimanfaatkan dengan mengunggah firmware yang dibuat dengan sengaja sehingga perangkat USB dapat menggantikan berbagai jenis perangkat lainnya; Salah satu pendekatan eksploitasi tersebut dikenal dengan sebutan BadUSB

4. Human Interface Device (HID)
Joystick, keypads, tablet dan perangkat lainnya memiliki kecepatan yang semakin meningkat. Penggantian dari MIDI, dan konektor port game PC ke USB.  Mouse USB dan keyboard biasanya dapat digunakan dengan komputer lama yang memiliki konektor PS/2 dengan bantuan adaptor USB ke-PS / 2 yang lebih kecil. 

Untuk mouse dan keyboard dengan dukungan dual-protokol adaptor yang tidak mengandung sirkuit logam dapat digunakan untuk mendeteksi apakah terhubung ke port USB atau PS / 2, dan terkoneksi menggunakan Protokol yang tepat. Konverter juga ada yang menghubungkan keyboard PS / 2 dan mouse ke port USB.


EmoticonEmoticon