Perbedaan Antara Laptop dan Notebook

Perbedaan Antara Laptop dan Notebook - Biasanya tidak sedikit orang-orang bingung untuk membedakan antara Laptop dan Notebook. Mereka biasanya membedakan Laptop dan Notebook hanya dari segi ukuran saja. Kali ini saya akan memberikan penjelasan perbedaan antara Laptop dan Notebook.


Perbedaan Antara Laptop dan Notebook

Definisi Laptop dan Notebook

Laptop adalah komputer yang didesain lebih kecil daripada sebuah komputer dekstop dan memiliki berat antara 2-4 kilogram, tergantung pada ukuran layar, perangkat keras , dan faktor lainnya. Sedangkan sebuah Notebook adalah komputer pribadi yang mudah dibawa dan memiliki kriteria untuk tetap ringan dan kecil. Notebook biasanya memiliki berat kurang dari 3 kilogram dan cukup kecil

Awalnya, Laptop diciptakan untuk meniru fungsionalitas sebuah komputer desktop. Namun, permintaan Laptop untuk keperluan hiburan telah menyebabkan berkembangnya perangkat yang lebih banyak, seperti netbook dan tablet. 

Notebook juga berfungsi sama dengan komputer desktop, namun lebih diarahkan ke penggunaan pribadi daripada penggunaan bisnis. Saat Laptop dan Notebook pertama kali diluncurkan,kedua barang tersebut bahkan tidak memiliki hard disk yang dapat diganti atau perangkat lain yang terkait. 

Perbedaan Laptop dan Notebook

1. Fungsi
Laptop diciptakan untuk meniru fungsi sebuah unit komputer dengan penambahan kemampuan yang hanya dimiliki oleh Laptop. Sedangkan Notebook difungsikan untuk memberikan keringkasan agar dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. 

Awalnya, kapasitas hard drive dan RAM biasanya jauh lebih tinggi di laptop, CD / DVD juga dapat ditemukan pada sebuah Laptop . Namun, karena chip set dan kemampuan perangkat keras telah berkembang, perbedaan antara Laptop dan Notebook hilang, baik dalam ukuran maupun fungsinya.

2. Harga
Harga untuk Laptop baru sangat bervariasi tergantung pada ukuran layar dan konfigurasi perangkat keras yang diberikannya. Laptop low-end yang hanya digunakan untuk kegiatan atau aplikasi ringan cenderung dijual di bawah 6 juta.

Sedangkan laptop high-end yang digunakan untuk bisnis dan yang berhubungan dengan pekerjaan atau game cenderung melebihi 10juta. Notebook lebih murah dibandingkan Laptop, dengan harga berkisar antara 2 juta hingga 5 juta.


3. Ukuran
Laptop memiliki ukuran yang bervariasi, kecil dan ramping sampai besar. Ukuran layar Laptop biasanya berkisar antara 10 sampai 20 inci. Ketebalan Laptop biasanya juga berkisar 2 sampai 3cm. Untuk Notebook umumnya hadir dalam ukuran yang lebih kecil dibandingkan Laptop. Layarnya berukuran 8.5 sampai 12.5 inci.

4. Penyimpanan dan RAM
Laptop saat ini memiliki penyimpanan rata-rata 1 Terabyte (TB) atau Solid State Drive (SSD) yang ratusan kali lebih cepat dari pada hard drive biasa. Kapasitas RAM Laptop berkisar antara 4 sampai 12 GB, dan daya tahan baterai sekitar 6-10 jam. 

Notebook rata-rata memiliki penyimpanan sekitar 512 GB pada hard drive, dan hanya beberapa model saja Notebook menggunkanan SSD hingga 1 TB. RAM Notebook biasanya adalah 2-4 GB. Dua perbedaan utama antara Laptop dan Notebook saat ini adalah Notebook cenderung memiliki penyimpanan dan daya tahan baterai yang jauh lebih lama berkisar antara 5 sampai 14 jam.

3 Komentar

Kalau menurut saya . Laptop lebih besar dan ada dvd romnya . Sekarang banyak lho notebook 14 inch tapi speknya mantab sangat

terimakasih mas saya jadi tau nih perbedaan antara laptop sama notebook tadinya saya kira sama ajh hehe....


EmoticonEmoticon