Perbedaan Laptop dan Komputer

Perbedaan Laptop dan Komputer - Semakin majunya teknologi membuat kita harus terus mengikuti perkembangan zaman khususnya di dunia perkomputeran. Sampai-sampai biasanya orang-orang masih bingung akan memilih yang mana antara Laptop atau Komputer.

Perbedaan Laptop dan Komputer

Perbedaan Laptop dan Komputer

Perbedaan Laptop dan Komputer yang saya ulas kali ini tidak melihat nilai kepraktisan jadi mohon disimak. Artikel ini saya buat untuk kalian yang bingung ingin memilih Laptop atau Komputer. Perbedaan tersebut antara lain adalah

1. Kemampuan Kinerja
Kinerja yang diberikan Laptop dan Komputer sangatlah berbeda. Bahkan jika Laptop memiliki spek yang hampir sama dengan Komputer tetapi kinerja yang dihasilkan akan jauh lebih baik Komputer dibandingkan Laptop.

Itu karena Laptop hanya dirancang untuk penggunaan ringan sehari-hari sedangan Komputer digunakan untuk kinerja menengah hingga berat sehingga Komputer lebih unggul dibanding Laptop.

2. Harga
Dalam segi harga, Laptop memiliki harga lebih mahal dibanding Komputer bahkan dengan harga yang lebih mahal tersebut Laptop baru bisa memiliki spesifikasi yang sama dengan Komputer. Itu karena komponen Laptop dan Komputer yang digunakan sangat berbeda.

Komponen Laptop seperti CPU,RAM,VGA dirancang lebih kecil dan minimalis yang mengakibatkan harga yang dikeluarkan lebih mahal dari harga normal untuk sebuah komponen Komputer.

3. Penggunaan Listrik
Laptop memiliki konsumsi penggunaan listrik yang lebih rendah dibanding Komputer. Karena Laptop dapat menyimpan cadangan listriknya didalam baterai. Sedangkan Komputer sendiri harus langsung dialiri listrik tanpa adanya baterai.

4. Spesifikasi
Jika Laptop menggunakan spesifikasi yang hampir sama dengan Komputer, belum tentu Laptop tersebut lebih unggul. Karena komponen Laptop didesain lebih kecil dan minimalis sehingga mengakibatkan performa yang dikeluarkan tidak begitu maksimal.

Terlebih lagi komponen Laptop harus tertutup rapat sehingga penggunaan udara yang masuk ataupun keluar lebih kecil dibandingkan Komputer. Hal itu mengakibatkan performa yang diberikan oleh Laptop tersebut menurun.

5. Keawetan dan Ketahanan
Untuk segi keawetan dan ketahanan Laptop atau Komputer itu sendiri bergantung pada penggunanya. Pengguna harus tahu mana yang baik digunakan untuk Laptopnya atau Komputernya. Jika kita bandingkan Laptop dan Komputer memiliki keawetan dan ketahanan yang relatif sama.

6. Perbaikan atau Servis
Untuk sebuah Laptop yang rusak atau memerlukan perbaikan pada salah satu komponennya, Sebagian komponen yang diperlukan lebih sulit untuk didapatkan. Itu karena Laptop dirancang sendiri oleh pabrik tanpa menjual komponen terpisah lainnya.

Bebeda halnya dengan Komputer, komponen Komputer lebih mudah didapatkan karena biasanya pengguna Komputer adalah orang-orang yang dapat merakit sendiri sebuah komputer tanpa harus menunggu pabrik memproduksi.

3 Komentar

Makasih gan infonya bermanfaat, btw ternyata gitu ya..

jelasn bedaa lahhh :(


EmoticonEmoticon